Sabtu, 25 Februari 2012

TIPS MEMBELI BIBIT SAPI PERAH

Jika anda berencana memulai usaha ternak sapi perah, beberapa langkah persiapan harus sudah anda pikirkan. Salah satu langkah yang harus anda lakukan adalah membeli bibit sapi.
Berikut beberapa tips memebeli bibit sapi perah, yang mungkin bisa anda jadikan pedoman.
1. Tentukan jenis bakalan yang akan anda beli. Anda harus tentukan terlebih dahulu apakah bibit sapi yang akan dibeli itu berupa pedet lepas sapih, sapi dara, induk bunting, atau induk laktasi.Tentunya hal ini terkait dengan modal yang tersedia dan target usaha ternak yang anda tentukan.
2. Jangan terburu-buru. Ketika anda membeli atau memilih bakalan/bibit sapi perah, jangan terburu-buru, telitilah sebelum transaksi dilakukan.

3. Sebaiknya membeli di sentra-sentra sapi perah seperti Lembang, Pangalengan (jawa barat) dan boyolali (jawa tengah). Dengan demikian anda bisa leluasa memilih, karena populasinya cukup banyak.
4. Perhatikan ciri fisik sapi yang akan dibeli (genetik nya),misalnya segi tiga berwarna putih pada dahinya, bentuk badan seperti baji/kapak,produksi susu tetuanya cukup tinggi.
5. Jika anda masih pemula dan modal yang relatif terbatas, disarankan anda membeli induk yang sedang laktasi. Dengan tujuan menekan biaya operasional serta anda dapat langsung mendapatkan penghasilan.
Sebagai gambaran, berikut saya sertakan harga sapi perah yang saya kutip dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat :
- Sapi perah dewasa bunting 3 bulan Rp 8 – 9 juta/ ekor.
- Sapi perah dewasa siap peras Rp 12 – 15 juta/ ekor.
Semoga Tip di atas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar